Minggu, 23 Desember 2012

Novel 5 Cm

Lovable Fun) 5cm Novel Review

NB : Yang belum baca "Subcategorized", harap baca dulu ya... \m/
          
  “ Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang nggak kelas—kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget.

            Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.”
Udah lama gue berfokus ke hal cinta – cintaan dan mulai kehilangan minat sama dunia review mereview. Dan, thanks buat bang Rizki Rahim yang udah memberikan novel “5cm” ini buat kado ultah ku yang kemaren serta Bang Azkal yang ngijinin gue ngerampok ni buku. Kado lu paling atas dalam daftar most capable present of my life. Thanks Bro ! \m/ #brohugs Buat yang pada belum tau, 5cm adalah nama sebuah novel yang menjadi Nasional Best Seller karangan Donny Dhirgantoro, seorang mahasiswa STIE Perbanas Jakarta. By the way, ini adalah salah satu dari tujuh karya sastra Indonesia yang membuat gue punya jalan hidup dan pandangan filsafati. #lebedotkom
            Trus, apaan sih isinya? Kok tumben banget, gue yang sangat – sangat pemilih perihal karya sastra negeri sendiri khususnya dunia pernovelan bisa sampe ngeh banget sama ni novel?
            Jadi gini. Novel 5cm ini adalah novel yang bercerita tentang 5 orang remaja yang ajaib. Yup, ajaib. Why? That was because it contains a lot of things that reflecting my self. :) Dari dunia filsafat yang amat gue cintai, apa itu leadership, musik, friendship, great movie with great quotes, and last but not least, love. :) Novel ini di awali dengan deskripsi 5 karakter power rangers utama yang mempunyai ciri khas masing – masing dan unik. Yeah, gak berlebihan kalo tiap karakter mewakili apa yang pasti ada di kehidupan remaja yang sedang mencari jati diri.
            Di awali dengan Arial, si ganteng bertubuh kekar yang menjadi orang paling santai di geng ini. Kalo di komputer, dia berfungsi sebagai tombol F5, tempat buat nge-save dan refresh. Si Arial ini di gambarin sebagai seorang cowok yang sportaholic banget dan suka fitness. Kemudian, berlanjut ke satu – satunya cewek yang ada di geng tersebut, Riani. Ni cewek adalah tokoh yang paling gue sukai di buku ini karena dia melukiskan seseorang yang memorable banget dari karakter dan namanya. :D Dia di lukiskan sebagai cewek berkacamata yang agak tomboi, suka menggulung rambutnya dengan bentuk konde, genius, cantik, putih dan mantep bodinya, daaaaaan berkacamata. <3
            Setelah Riani, ada si Genta yang cool, calm, dan punya leadership tinggi. Di geng ini, of course he is the leader. Dia ganteng, berkacamata, bergelut di dunia event organizer, genius, berambut jambul spiky, dan orangnya akademis banget. Thumbs up for this guy. -_-)b. Beda lagi sama karakter yang nomor empat, yaitu si Ian. Si Ian ini di lukiskan sebagai seorang cowok yang melukiskan lust nya cowok banget. Dia tambun, botak, hobi nonton sepakbola dan bokep. Ya, BOKEP. Ian juga hobi makan dan bener – bener tokoh yang memiliki daya juang paling tinggi di geng ini di liat dari masa lalunya.
            Terakhir, adalah seorang karakter cowok yang paling gue suka karena paling kontroversial dan dari semua karakter – karakter cowok di buku ini, dia yang gue rasa paling mirip sama pribadi ku secara inner dan outer. Yap, namanya Zafran. Dia adalah seorang vokalis di band yang gak jelas, berambut awut-awutan, filsuf banget, dan seorang penyair juga. You see??? Aku ngerasa diri ku nempel di Zafran. \m/ Sebenarnya, ada seorang tokoh wanita utama juga yang harusnya di cantumin si Donny di sini. Namanya Arinda atau panggilannya Dinda, seorang cewek cakep berkilau yang jadi kembarannya Arial.
            Kelima orang sahabat ini udah sahabatan dari jaman mereka SMA, so mereka udah klop banget satu sama laen. Karena mereka kemana mana barengan, nonton barengan, maen barengan, dan nongkrong juga selalu berlima, pada akhirnya si Genta, merasa ada kebosanan dan titik nadir yang kalo gak cepet – cepet di tanggulangin bakal jadi sebuah masalah dan bisa bikin persahabatan mereka putus.
            So, sebagai leader di geng ini, Genta berencana buat ngajakin geng ini ketemuan lagi setelah beberapa waktu yang di tentukan dan pergi ke suatu tempat yang bener – bener bisa buat nge-reset persahabatan mereka berlima menjadi hangat dan enggak membosankan lagi. Dan, jadilah puncak Mahameru sebagai sebuah tempat yang akan mereka daki sebagai awal dari semua kisah di novel ini.
            Berbagai twist, kisah yang Indonesia banget, seduhan kisah cinta, dan konflik saat kelima, ups, keenam remaja ini mendaki bakal gak kalian sangka banget serta akan jadi sebuah bumbu manis di akhir cerita. Satu lagi twist yang oke adalah, KALIAN GAK BAKAL BISA NEBAK ENDINGNYA. Apapun yang kalian duga di awal, akan runtuh di anti klimaks novel ini. Bener – bener semua emosi bercampur aduk di sini.
           
            Oh iya, kabarnya novel ini akan di buat film nya lho ! Ada Denny Sumargo sebagai Arial, Pevita Pearce sebagai Arinda, Raline Shah sebagai riani, Herjunot Ali sebagai Zafran dan terakhir si Igor Saykoji sebagai Ian. Untuk pemeran Genta belum di umumkan.









            Buat kalian yang pengen minjem bukunya, gue ada nih. Pokoknya kalo bisa, gue pengen nonton film ini bareng seseorang yang berharga buat gue. Entah ibu, sahabat – sahabat, pacar, adik, atau siapapun !

1 komentar: